Cara pencegahan dini terhadap timbulnya penyakit jantung

          Gaya hidup yang cenderung kurang sehat khususnya bagi masyarakat perkotaan membuat kesehatan kurang terkontrol, misalnya banyak masyarakat yang kebanyakan duduk, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan masalah gaya hidup kurang sehat lainnya. Padahal untuk kesehatan tubuh, olahraga setidaknya dlakukan 30 menit per lima hari dalam seminggu, namun seringkali olahraga hanya dilakukan sekali hanya dihari minggu saja.

Oleh sebab itu, mengurangi risiko penyakit jantung ini adalah satu hal yang sangat bijak. dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1)Berhenti Merokok

Efek rokok terhadap kesehatan sendiri sangat membahayakan, akibat kandungan berbagai bahan kimia berbahaya yang ada di dalam rokok maka dengan merokok sama saja kita memasukkan bahan-bahan berbahaya tersebut ke dalam tubuh kita.

2) Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi (buah dan sayuran)

Serat diketahui punya peran penting dalam menjaga kesehatan. Serat terdiri dari dua jenis, yakni serat larut dan tak larut. Serat larut tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, tetapi larut dalam air panas. Serat larut inilah yang membuat perut kenyang lebih lama dan memberikan energi lebih panjang serta bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat yang larut dalam tubuh dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh. Peran itulah yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga menurunkan resiko penyakit jantung.

3) Tidur yang teratur

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard menyebutkan bahwa 7.000 wanita yang mengikuti tes untuk tidur kurang dari 7 jam memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Para ilmuwan tersebut berspekulasi bahwa faktor yang mempengaruhinya berkenaan dengan peningkatan tekanan darah, peningkatan hormon stres dan pengaruh kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mencegah penyakit jantung secara alami, sudah sepantasnya Anda tidur lebih awal.

4) Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi

Kolesterol jahat atau LDL dikenal sebagai penyebab utama terjadinya proses aterosklerosis, yaitu proses pengerasan dinding pembuluh darah, terutama di jantung, otak, ginjal, dan mata. Akibat proses itu, saluran pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner, menjadi sempit dan menghalangi aliran darah di dalamnya. Akibatnya, jantung akan sulit memompa darah. Keadaan tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

5)Hindari stres

Hasil penelitian ilmuwan Belanda yang dipublikasikan jurnal Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa kadar hormon kortisol yang tinggi akibat stres terkait erat dengan kematian akibat penyakit kardiovaskular. Stres dapat menyebabkan arteri yang tertimbun plak menyempit dan ini menurunkan aliran darah hingga 27 persen. Penyempitan yang berarti terlihat bahkan pada arteri yang terkena penyakit ringan. Penelitian lain mengesankan bahwa stres berat dapat menyebabkan pecahnya dinding arteri yang mengandung plak dan memicu serangan jantung.

Sekian artikel dari aku , semoga artikel ini memberikan manfaat yang lebih untuk sobat well

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s